Blogroll

Rabu, 14 Desember 2011

MAN

Sebuah jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus yang besar. MAN biasanya interkoneksi sejumlah jaringan area lokal (LAN) menggunakan teknologi backbone berkapasitas tinggi, seperti serat-optik link, dan menyediakan up-link layanan untuk jaringan area luas (atau WAN) dan internet .
Para IEEE 802-2002 standar menggambarkan sebuah MAN sebagai [1] :
"MAN dioptimalkan untuk area geografis yang lebih besar dari LAN , mulai dari beberapa blok bangunan untuk seluruh kota. MAN juga dapat bergantung pada saluran komunikasi moderat-ke-tinggi kecepatan data. MAN mungkin dimiliki dan dioperasikan oleh sebuah organisasi tunggal, tapi biasanya akan digunakan oleh banyak individu dan organisasi. MAN juga mungkin dimiliki dan dioperasikan sebagai utilitas publik. Mereka sering akan menyediakan sarana untuk internetworking dari jaringan lokal ."

Penulis Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon (2001) dari Sistem Informasi Manajemen :. Mengelola Perusahaan Digital ed 10 mendefinisikan sebuah jaringan area metropolitan sebagai:
"Sebuah Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer besar yang mencakup area metropolitan atau kampus. Cakupan geografis yang jatuh antara WAN dan LAN. MAN menyediakan konektivitas Internet untuk LAN di wilayah metropolitan, dan menghubungkan mereka ke jaringan area yang lebih luas seperti Internet."
Hal ini juga dapat digunakan dalam televisi kabel.

Implementasi

Beberapa teknologi yang digunakan untuk tujuan ini adalah Asynchronous Transfer Mode (ATM), FDDI , dan SMDS . Teknologi ini dalam proses digantikan olehEthernet berbasis koneksi (misalnya, Metro Ethernet ) di kebanyakan daerah. MAN hubungan antara jaringan area lokal telah dibangun tanpa kabel baik menggunakan microwave , radio , atau infra-merah laser yang link. Sebagian besar perusahaan sewa atau sewa sirkuit dari angkutan umum karena peletakan membentang panjang kabel dapat mahal.
DQDB , Distributed-antrian-bus ganda , adalah standar jaringan area metropolitan untuk komunikasi data. Hal ini ditentukan dalam IEEE 802,6 standar.Menggunakan DQDB, jaringan bisa sampai 20 mil (30 km) panjang dan beroperasi pada kecepatan 34-155 Mbit / s.
Beberapa jaringan terkenal dimulai sebagai Mans, seperti poin mengintip internet MAE-West , MAE-East , dan Sohonet media jaringan

0 komentar:

Posting Komentar